Sabtu, 05 Desember 2015

MASALAH QURBAN

REJOSO - NGANJUK
Di Masjid “Al Huda” Ranting Rejoso
20 Dzul Qo’dah 1430 H – 08 Nopember 2009 M

DISKRIPSI MASALAH

Tradisi yang berkembang di masyarakat terkait dengan praktek berqurban, biasanya mereka menyerahkan hewan qurbannya pada seorang kiyai, lalu oleh sang kiyai itu ia terima, ia sembelih dan ia bagikan dagingnya. Namun yang namanya orang terkadang ada yang diberi ia menolaknya. Tetapi malah ada  yang justru rela antri berdesak-desakan untuk meminta daging qurban tersebut. Dan dalam pembagian daging qurban tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang berqurban malah mendapatkan bagian dari hewan qurbannya sendiri. (Ranting Rejoso)

PERTANYAAN

Bagaimana hukum penyerahan hewan qurban pada seorang Kyai?
Apakah penyerahan tersebut mengakibatkan qurban menjadi wajib?
Bagaimana pula hukum memakan daging kurbannya dari jatah  sang Kiyai tersebut ?
Sebenarnya siapa yang berhak menerima daging qurban?

JAWABAN

Boleh. Dan status sang kiyai tersebut adalah sebagai wakil, yang haknya adalah hanya menyembelih dan membagikannnya, tidak boleh makan/mengambilnya kecuali sekedar yang telah ditentukan oleh muwakkil (orang yang mewakilkannya / orang yang berkurban).

DASAR HUKUM

Al Bajuri. Juz, II. Hal, 286
Al Bajuri. Juz, I. Hal, 278
Al Bujairomi. Juz 16, hal, 31 Maktabah Syamilah

1.الباجورى ج:2 ص:  286
واركانها اربعة موكل ووكيل وموكل فيه وصيغة ويكفى فيها اللفظ من احدهما وعدم الرد من الاخر كقول الموكل وكلتك قى كذا اوفوضته اليك ولو بمكاتبة او مراسلة  
الباجورى ج:1 ص:  278
( وتفرقة الزكاة مثلا ) اى وكذبح أضحية وعقيقة وتفرقة كفارة ومنذورة ولا يجوز له اخذ شيئ منها الا ان عين له الموكل قدرا منها .
البجيرمى على المنهاج
( وَلَهُ تَفْوِيضُهَا لِمُسْلِمٍ مُمَيِّزٍ ) وَكِيلٍ أَوْ غَيْرِهِ فَلَا يَصِحُّ تَفْوِيضُهَا لِكَافِرٍ وَلَا غَيْرِ مُمَيِّزٍ بِجُنُونٍ أَوْ نَحْوِهِ وَقَوْلِي أَوْ تَعْيِينٍ مَعَ قَوْلِي وَلَهُ إلَى آخِرِهِ مِنْ زِيَادَتِي وَتَعْبِيرِي بِمَا ذُكِرَ بَيْنَهُمَا أَوْلَى مِنْ تَعْبِيرِهِ بِمَا ذَكَرَهُ


Ya, kalau menggunakan ungkapan yang dapat menentukan bahwa hewan yang diserahkan adalah hewan qurban. Semisal dengan ungkapan ‘Pak kiyai ini qurban saya’. Akan  tetapi menurut syaikh Aly Syibromalisi tidak menjadi wajib/nadzar jika itu diucapkan oleh orang awam.

DASAR HUKUM

1. Bugyah al Mustarsyidin hal, 22
2. Al Bajuri. Juz, II. Hal, 296

بغية المسترشدين  257
(مسألة : ب) : ظاهر كلامهم أن من قال : هذه أضحية أو هي أضحية أو هدي تعينت وزال ملكه عنها ، ولا يتصرف إلا بذبحها في الوقت وتفرقتها ، ولا عبرة بنيته خلاف ذلك لأنه صريح
الباجورى ج:2 ص:  296
(ولا تجب الاضحية الا بالتذر ) أى حقيقة أوحكما فالاول كقوله لله على أن اضحى بهذه والثانى كقوله : جعلت هذه أضحية فالجعل بمنزلة النذر بل متى قال هذه أضحية صارت واجبة وإن جهل ذلك فما يقع من العوام عند سؤالهم عما يريدون التضحية به من قولهم هذه أضحية تصير به واجبة ويحرم عليهم الأكل منها ولايقبل قولهم أردنا التطوع بها خلافاً لبعضهم وقال الشبراملسي لا يبعد اغتفار ذلك للعوام وهو قريب لكن ضعفه مشايخنا فالجواب المخلص من ذلك أن يقول المسؤل نريد أن نذبحها يوم العيد.

Kalau qurbannya termasuk qurban wajib maka haram memakannya, dan kalau termasuk yang sunnah maka sunnah juga memakannya.
DASAR HUKUM

Al Bajuri. Juz, II. Hal, 300 – 301.
الباجورى ج:2 ص:  300- 301
ولا يأكل  المضحى شيأ من الاضحية  المنذورة – الى ان قال – ويأكل من الاضحية المتطوع بها (قوله  ويأكل من الاضحية المتطوع بها ) أى يسن له الاكل منها

Yang berhak adalah orang-orang muslim baik yang faqir maupun yang kaya.

DASAR HUKUM

Al Bajuri. Juz, II. Hal, 301.
الباجورى ج:2 ص:   301
يهدى ثلثا للمسلمين الاغنياء ويتصدق بثلث على الفقراء اى المسلمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar